Apa itu Leadership?
Menurut George R. Terry (yang dikutip dari Sutarto, 1998 : 17)
Kepemimpinan adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Mengapa Leadership skill itu penting dan dibutuhkan?
Leadership track biasanya seringkali ditanyakan jika kamu melamar suatu perkerjaan ke perusahaan. Untuk FreshGrad terutama, sangat dibutuhkan track record organisasi dan juga role leadership selama berkuliah, oleh karenanya untuk kalian yang masih mahasiswa, tingkatkan leadership yang merupakan soft skill tersebut, karena sekalipun IPK tinggi tapi 0 pengalaman orgasisasi, maka perusahaan juga akan berpikir dua kali untuk menerima kalian menjadi bagian dari perusahaan.
Tapi perlu diingat, LEADERSHIP skill sangat penting buat kalian yang mau ikut Management Trainee, mungkin jika kalian menginginkan pekerjaan spesialisasi dibalik meja yang jarang berinteraksi dengan orang, masih bisa dipertimbangkan.
Mengapa penting?
Leadership sangat penting nantinya karena dengan meningkatnya ketrampilan leadership maka kemampuan berkomunikasi secara persuasif & efektif juga semakin berkembang, dan ini dibutuhkan oleh perusahaan. Komunikasi yang benar dan efektif, akan memperlancar pencapaian tujuan perusahaan.
Selain itu, buat kalian yang gak mau berkarir di perusahaan, dengan adanya leadership skill juga bisa membantu kalian dalam berwirausaha nantinya
1. self-esteem
Orang akan memiliki keinginan bekerja yang tinggi apabila ia merasa dianggap penting. Untuk itu, seorang pemimpin harus mampu membuat pegawainya memiliki self-esteem yang baik. Pemimpin harus mampu membuat karyawannya merasa penting dengan berbagai cara, spt : memberi pujian, tepukan pada bahu untuk kerja mereka yang baik, apresiasi atas ide, dan lain sebagainya.
2. Planning
Perencanaan sangat penting karena akan memberikan arahan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
3. Motivasi
Dapat dilakukan dengan beberapa cara : memberikan public recognition , memberikan challenges untuk bertumbuh, maupun pemberian bonus, insentif, dan lain sebagainya.
4. Delegasi
Jangan terlalu focus pada hal yang detail. Percayakan hal detail pada bawahan dan beri waktu pada diri anda sendiri untuk membuat rencana dan supervisi.
5. Empowerment
Hal ini berhubungan dengan delegasi. Buat bawahan anda merasa mendapat respek dan mereka memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan mereka.
Dari beberapa hal diatas, kemampuan anda mengenali kebutuhan perusahaan dan kemampuan anda beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan itu sendiri juga tidak kalah pentingnya.
1. Mulailah jadi hal yang sederhana! Jadilah pribadi yang menyenangkan!
2. Tingkatkan Kemampuan Bergaul, cara sederhananya :
a. Murah senyum, senyum yang tulus.
b. Ramah dan Simpatik, gak jutek.
c. Suka memberi (memberi yang ikhlas, tanpa ingin dipuji)
d. Gemar silaturahim.
e. Bersedia melayani dari hati..
3. Tingkatkan Kemampuan Berdialog, dengan cara:
a. Mendengarkan dengan baik (be a good listener, Jika mau didengarkan, terlebih dahulu dengarkanlah orang dengan baik)
b. Menyampaikan ide dan pikiran dengan bahasa yang sederhana (mudahkan masalah yang sulit dengan bahasa yang ringan)
c. Menggunakan kisah sebagai bahan cerita
d. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan lawan bicara
e. Memilih situasi dan kondisi yang tepat
f. Menarik kepercayaan orang lain
4. Rajin aktif berorganisasi, untuk Mahasiswa dan Pelajar.
5. Jangan takut menuangkan ide-ide idealis kamu!
6. Mulailah berpikir kritis akan sesuatu, berpikir kritis tentang issue-issue yang ada, misal dari menonton berita yang ada, cobalah dikritisi!
7. Jangan lupa untuk tulis pemikiran dan ide kamu ke dalam blog ataupun website pribadi kamu dan juga forum2 seperti Kaskus
Ini akan membuat kamu bisa memilih dan menuangkan pemikiran dengan cara yang terstruktur. Tentu tetap berhati-hati dalam memilah kata-katanya, karena tulisan kamu akan dilihat oleh banyak orang!
ARTIKEL TERBARU
0 Response to "Tips Meningkatkan Leadership Skill"
Post a Comment