Cari Artikel Disini

' Anoreksia ' Penyakit yang Membuat Anda Terlihat Seperti Tengkorak Hidup


@Ikadanews.info - ' Anoreksia ' Penyakit yang Membuat Anda Terlihat Seperti Tengkorak Hidup - Anoreksia nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Pencitraan diri pada penderita AN dipengaruhi oleh bias kognitif (pola penyimpangan dalam menilai suatu situasi) dan memengaruhi cara seseorang dalam berpikir serta mengevaluasi tubuh dan makanannya. AN merupakan sebuah penyakit kompleks yang melibatkan komponen psikologikal, sosiologikal, dan fisiologikal, pada penderitanya ditemukan peningkatan rasio enzim hati ALT dan GGT, hingga disfungsi hati akut pada tingkat lanjut.
Seseorang yang menderita AN disebut sebagai anoreksik atau (lebih tidak umum) anorektik. Istilah ini sering kali namun tidak benar disingkat menjadi anorexia, yang berarti gejala medis kehilangan nafsu makan, Buat mereka penderita anoreksik, tubuh super minim yang sangat anomalipun begitu diidam-idamkannya.
 Tanda-tanda Gejala Anoreksia
  • Sengaja memaksa diri sendiri untuk lapar dengan kehilangan berat badan.
  • Ketakutan apabila berat badan mereka bertambah.
  • Menolak makan.
  • Mengingkari kalo mereka lapar.
  • Berolahraga secara kontant.
  • Jumlah rambut yang lebih banyak pada tubuh atau wajah.
  • Sensitif terhadap cuaca/suhu dingin.
  • Tidak mengalami siklus menstruasi/absen.
  • Kehilangan atau rontoknya rambut pada kepala.
  • Persepsi atau cara pandang terhadap diri sendiri yang menganggap diri mereka itu gemuk padahal sesungguhnya diri mereka terlalu kurus.

Akibat Anoreksia
1.Kerusakan organ khususnya jantung, otak dan ginjal.

2.Penurunan tekanan darah, nadi dan frekuensi nafas.

3.Rambut rontok.

4.Detak jantung yang tidak teratur.

5.Osteoporosis.

6.Gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh.

7.Kematian akibat kelaparan atau bunuh diri.
Pengobatan Anoreksia dan Pencegahannya
Pengobatan pada anoreksia sulit dilakukan, karena penderita anoreksia percaya bahwa tidak ada yang salah dalam diri mereka. Pada pasien dengan gejala atau tahap awal anoreksia (kurang dari 6 bulan atau hanya sedikit berat badan yang hilang) mungkin dapat berhasil diobati tanpa harus dirawat di rumah sakit. Tapi, untuk keberhasilan penyembuhan, pasien harus mempunyai keinginan untuk berubah dan harus mempunyai keluarga dan teman yang membantu keberhasilan penyembuhannya.

Perawatan kegawat daruratan pada anoreksia diperlukan jika terdapat kondisi dehidrasi berat, malnutrisi, gagal ginjal dan detak jantung tidak teratur yang mengancam nyawa.

Gawat atau tidak, pengobatan anoreksia memerlukan tantangan akibat penderita menolak dianggap memiliki masalah. Seperti gangguan makan yang lain, anoreksia memerlukan penanganan yang komprehensif untuk mengetahui kebutuhan tiap tiap pasien.

Meskipun sangat sulit mencegah semua kasus anoreksia, tetapi pengobatan dini begitu gejala muncul sangat membantu penderita jatuh ke kondisi yang lebih parah. Pendidikan secara dini tentang kebiasaan hidup sehat dan pandangan positif terhadap makanan serta penampilan juga sangat membantu mencegah keadaan yang lebih parah dari gangguan makan.
Sumber

ARTIKEL TERBARU

0 Response to "' Anoreksia ' Penyakit yang Membuat Anda Terlihat Seperti Tengkorak Hidup"

Post a Comment

Blog Archive